Asal usul nama silancur yang sekarang lebih dikenal dengan nama silacur highland


Gardupandang silancur terletak di sebelah timur gunung sumbing tepatnya di dusun dadapan,desa mangli, kecamatan kaliangkrik, kabupaten magelang.

Wisata yang tergolong masih baru ini menyuguhkan pemandangan 6 gunung di antaranya gunung sumbing, gunung merbabu, gunung merapi, gunung andong, gunung telomoyo, gunung ungaran.

Saat siang hari yang cerah kita juga bisa melihat padatnya kota magelang dan pada malam hari kita bisa melihat lampu lampu yang indah yang menghiasi kota magelang,sama seperti bukit bintang yogjakarta.

Itulah keindahan yang di sajikan wisata gardu pandang silancur .Mungkin dari pengunjung banyak yang belum tau kenapa dinamakan dengan silancur bahkan bisa jadi ada yang bertanya kok bisa di namakan  gerdupandang SILANCUR.

Yaa klo gardupandangnya pasti udah pada tau itu karna ada gardunya min, la silancurnya min??ya disini saya ingin membahas sedikit asal usul kata silancur atau orang dadapan lebih akrab dengan kata muntuk silancur.



Di mulai dengan istilah muntuk, karena klo orang orang dadapan masih menyebut gardu pandang silancur dengan muntuk silancur. 

Dinamakan muntuk di karenakan tempat tersebut seperti gundukan tanah atau gundukan tanah yang menumpuk tinggi seperti gunung klo orang jawa sering menyebut dengan  puntuk,an lemah, ya klo orang kota akan menyebutnya bukit.

Bisa dilihat dri gambar di atas gardu pandang silancur terlihat seperti gundukan tanah maka orang orang dulu menyebut gerdu pandang silancur dengan sebutan muntuk silancur. Sehingga seringnya penyebutan muntuk dinamailah dengan muntuk silancur.




Sedangkan silancur sendiri berasal dari kata saklencer dalam bahasa indonesia bisa di sebut juga satu helai atau satu batang.

Menurut cerita orang tua jaman dahulu di gardupandang silancur hanya di tumbuhi satu pohon cemara yang berumur kurang lebih 40 tahun,sehingga ada salah satu orang yang menyeletubkan kalimat"uwit kok mung saklencer" dalam bahasa indonesia pohon kok cuman satu batang.

Dengan banyaknya orang yang menyebut tempat ini dengan sebutan  saklencer maka dinamailah tempat ini dengan nama silancur ,kalo sekarang di kenal dengan gardupandang silancur.

Itulah sedikit cerita mengapa tempat wiasata ini dinamakan silancur,mungkin sedikit membantu pengunjung yang mempunyai pertanyaan semacam itu.

Bagaimana kesan kesannya dengan tempat wisata gardupandang silancur ini menarik,bikin betah kah main disini?? ayo critakaan disini bagi yang sudah berkunjung yang belum bisa dicoba untuk berkunjung.

Demikianlah ulasan kenapa tempat wisata ini di beri nama silancur semoga artikel ini bermanfaat bagi yang mau berkunjung.Sampai bertemu lagi dengan artikel berikutnya.

Comments

  1. 085725747608 bjshots Fotografer Wisata Magelang Muntilan Jogja Instagram bjshots
    📲 Booking WA 085 725 747 608
    Foto Video Wedding, Wisuda,Ultah,Maternity, Keluarga, Event,Couple,Wisata,Produk.

    ReplyDelete
  2. "Selamat siang Bos ��
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

Post a Comment